Berikut ini ada beberapa efek positif yang akan Anda peroleh jika sering-sering bernyanyi. Bernyanyi di kamar mandi juga termasuk lho. Perhatikan satu-satu, karena ada banyak hal yang dapat dipengaruhi dalam tubuh kita hanya dengan bernyanyi.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sering bernyanyi dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Saat sedang bernyanyi, tanpa disadari, tubuh akan secara alamiah mengeluarkan kelenjar yang memiliki fungsi sebagai antibodi.

Jadi, selain olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, Anda bisa sering-sering bernyanyi guna menjaga daya tahan tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan selanjutnya adalah mencegah penuaan dini, terutama di area wajah.

Ketika Anda sedang bernyanyi, otot-otot wajah akan mengalami pergerakan dan tertarik. Secara tidak langsung, hal ini menyebabkan otot dan kulit wajah menjadi kencang dan elastis sehingga tidak cepat keriput dan membuat wajah senantiasa awet muda.

  1. Melatih Otot Perut

Aktivitas bernyanyi turut melibatkan otot yang ada di sekitar perut Anda. Ini menghasilkan kelancaran inflow maupun outflow udara yang terjadi di area perut dan tulang rusuk Anda.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Anda memiliki tekanan darah tinggi? Bernyanyi adalah salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda tersebut.

Pilihlah lagu-lagu yang memiliki nada lembut, lalu nyanyikan dengan penuh penghayatan untuk menciptakan efek rileks.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Ketika hendak bernyanyi, ada irama, nada, dan lirik yang idealnya harus dihafalkan agar pembawaan lagu menjadi natural dan penuh perasaan. Nah, kegiatan tersebut secara tidak langung turut merangsang otak untuk beraktivitas, yang mana hal ini dapat meningkatkan kinerja otak.

Tak hanya itu, bagian otak yang berkaitan dengan daya ingat dan konsentrasi juga ikut terangsang dan terlatih melalui aktivitas bernyanyi ini.

  1. Memperlancar Pencernaan

Manfaat bernyanyi untuk kelancaran proses pencernaan makanan ini dikarenakan saat tengah melatih vokal, mulut dan tenggorokan akan bergerak sehingga menjadi lebih lentur. Efeknya, mulut dan tenggorokan sanggup mencerna makanan yang masuk dengan cepat.

  1. Menjaga Kinerja Sistem Pernapasan

Menyanyi adalah aktivitas aerobik yang bermanfaat bagi sistem pernapasan. Bernyanyi dapat meningkatkan pasokan udara di saluran pernapasan bagian atas, yang mana hal ini baik guna membersihkan dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang bisa mengganggu kinerja sistem pernapasan.

Tak hanya itu, sering bernyanyi juga dipercaya mampu mengatasi masalah lainnya yang berkaitan dengan sistem pernapasan, yaitu mendengkur saat tidur.

  1. Merawat Paru-Paru

Gerakan yang dilakukan saat bernyanyi diklaim dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Dengan begitu, Anda dapat bernapas dengan baik.

Selain itu, manfaat bernyanyi juga bisa mencegah Anda dari gangguan fungsi paru-paru lainnya, seperti bronkitis dan asma.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Jantung

Siapa sangka, kegiatan bernyanyi ternyata bisa merawat, pun mengoptimalkan fungsi organ vital seperti jantung, lho. Faktanya, saat bernyanyi, secara tidak langsung membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar.

Aliran darah yang lancar otomatis membuat asupan oksigen ke jantung terpenuhi dengan baik sehingga kedua organ tubuh tersebut dapat berfungsi optimal.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh juga jadi manfaat bernyanyi lainnya yang bisa Anda dapatkan. Bernyanyi dapat merangsang tiroid, yang mana tiroid ini erat kaitannya dengan proses metabolisme di dalam tubuh.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Apakah Anda memiliki postur tubuh yang kurang ideal? Alih-alih melakukan terapi ortopedi yang membutuhkan biaya, Anda bisa melakukan terapi sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Ya, manfaat bernyanyi ternyata juga bisa memperbaiki postur tubuh.

Saat bernyanyi, tubuh diharuskan tegak agar aliran napas lancar, pun menyuguhkan penampilan yang enak dipandang. Jika ini dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin tubuh Anda membentuk postur tegak nan ideal tersebut.

  1. Terapi Penyakit Parkinson

Pada penderita penyakit Parkinson, menyanyi diklaim menjadi salah satu terapi alternatif guna menyembuhkan penyakit tersebut. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa bernyanyi mampu meningkatkan kualitas kesehatan pasien Parkinson.

Bernyanyi disebut efektif untuk mengembalikan keseimbangan tubuh yang sempat hilang akibat penyakit inu, pun memperbaiki kemampuan menelan makanan.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bernyanyi tidak hanya memberikan manfaat psikis bagi para pelakunya, namun juga manfaat psikologis. Manfaat bernyanyi bagi kesehatan dilihat dari aspek psikologis salah satunya meningkatkan ras percaya diri.

Ya, menyanyi akan menambah kepercayaan diri sendiri sekaligus menjadikan Anda orang yang lebih terbuka. Mulailah bernyanyi di depan orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga atau sahabat. Setelah itu, jangan heran jika Anda jadi semakin berani untuk berbicara di depan umum.

  1. Mempererat Ikatan Emosional

Sebuah studi dengan objek kelompok paduan suara menemukan fakta bahwa para anggota paduan suara tersebut memiliki jalinan sosial yang lebih dekat satu sama lain, kendati baru terbentuk sekitar 1 (satu) bulan. Ini berbeda dengan anggota kelompok di bidang seni yang lainnya.

Bernyanyi adalah salah satu cara efektif untuk berbagai pengalaman emosional, yang mana hal ini baik untuk keberlangsungan hidup manusia sebagai makhluk sosial.

  1. Memberikan Perasaan Bahagia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, baik mendengarkan maupun bermain musik (seperti bernyanyi), keduanya mampu untuk mengusir penat dan kejenuhan yang sedang kita alami.

Bernyanyi dapat membuat tubuh terasa lebih rileks, pun menciptakan efek bahagia atau senang, apalagi jika lagu yang dinyanyikan adalah lagu favorit dan paling mewakili isi hati, setuju?

Itu dia manfaat bernyanyi bagi kesehatan. Selain menyenangkan, ternyata bernyanyi memiliki manfaat yang besar. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk mengeluarkan suara emas Anda, ya. Selamat bernyanyi!



Darman PurbaReferencesbernyanyi,nyanyi,singingBerikut ini ada beberapa efek positif yang akan Anda peroleh jika sering-sering bernyanyi. Bernyanyi di kamar mandi juga termasuk lho. Perhatikan satu-satu, karena ada banyak hal yang dapat dipengaruhi dalam tubuh kita hanya dengan bernyanyi. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Sering bernyanyi dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah...Quote You with Motivational and Inspirational Stories